Kotor Tidak Korupsi vs Santun Tapi Korupsi?

santun tapi korupsi

Matematika hadir, salah satunya adalah untuk memodelkan dan menyelesaikan problem sehari-hari. Dengan pemodelan matematika kita bisa mencari solusinya dengan mudah dan akurat.

Saat ini beredar di media-media semacam "kampanye" yang pada prinsipnya mengatakan "lebih baik kotor (kasar) tapi tidak korupsi daripada santun tapi korupsi". Sebetulnya tidak ada yang salah dari kalimat tersebut, tetapi masalahnya muncul ketika kalimat tersebut kemudian berkembang ke arah disjungsi, seolah-olah pilihannya adalah cuma dua : kotor tidak korupsi atau santun tapi korupsi.

Ada kesalahan dalam memodelkan kalimat tersebut di atas menjadi model himpunan seperti pada gambar di atas.

Ini dulu pernah muncul juga ketika perang melawan terorisme george bush "either you with us or with terrorist" seperti dijelaskan di tulisan ini. Hal tersebut disebut disjungsi atau himpunan yang saling lepas.

Kembali ke topik di atas, jadi bagaimana cara memodelkan kalimat tersebut? Harusnya seperti gambar di bawah ini. Dalam diagram ini kita kelompokkan menjadi kelompok orang santun (lawannya adalah orang kasar/kotor) dan kelompok orang korupsi.

Jelas kalau pakai gambar di tersebut, ada 4 kemungkinan orang:

  1. Santun Tidak Korupsi
  2. Santun Tapi Korupsi
  3. Tidak santun (kotor) tapi korupsi
  4. Tidak santun tapi tidak korupsi

Entah mengapa di media-media banyak yang menyempitkan pilihannya menjadi memilih nomor 2 atau nomor 4 saja, padahal masih ada 2 kelompok lainnya yaitu santun dan tidak korupsi, dan tidak santun tapi korupsi.

Maka seperti dijelaskan diartikel sebelumnya, kesalahan matematika ini bisa disebabkan karena pada dasarnya pemahaman matematikan masih rendah atau memang sebetulnya paham matematika tetapi berusaha menutup-nutupinya dengan tujuan tertentu. Kalau ini terjadi tentu kasihan murid-murid SMP yang sedang belajar teori himpunan ini karena tidak mendapatkan informasi yang benar.

Mudah2an artikel ini bisa dipahami dengan mudah agar kita bisa membuat model matematika dengan benar.

 

Strand: