Tutorial Mengenal Xcode 6

xcode 6

Xcode adalah suatu alat pemrograman besutan Apple untuk membuat aplikasi yang dijalankan dalam lingkungan Apple (iOS dan MacOS). Alat pemrograman seperti Xcode ini biasa disebut juga dengan Integrated Development Environment (IDE), seperti Visual Studio dan Eclipse. 

Xcode mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti C, C++, Objective C dan yang terakhir mendukung bahasa Swift yang tersedia pada Xcode 6.

Seperti pada umunya IDE, maka Xcode menyediakan semua kebutuhan pemrograman seperti editor, compiler, debugger dan run-time simulator. Selain itu Xcode juga dilengkapi dengan fasilitas management pengembangan aplikasi seperti repository dan version control. Xcode terintegrasi dengan aplikasi git dan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan software configuration management untuk kerja team.

Ayo, kalau belum, silakan download dan install Xcode nya di https://developer.apple.com/xcode/downloads/

Untuk Xcode 6, karena saat ini belum release, hanya developer yang terdaftar saja yang bisa mendownloadnya.

Untuk menginstalnya, sama seperti cara install aplikasi lainnya. Tetapi jika anda sudah menginstall Xcode 5 sebelumnya, anda punya dua pilihan, yaitu ingin mengganti Xcode 5 dengan Xcode 6 atau membiarkan kedua aplikasi tersebut terinstall. Kalau tidak ada proyek lainnya sebelumnya, mungkin sebaiknya install Xcode 6 saja dengan mereplace Xcode versi sebelumnya.

Oke. kalau sudah siap, kita akan segera mulai petualangan kita dengan Xcode.