Artikel Tentang Komputer

Cari hosting VPS

Sejak tahun 2013 blog ini sudah beralih dari shared hosting ke VPS (Virtual Private Hosting). Bagi yang belum paham, VPS ini semacam shared hosting tetapi bedanya kita seolah-olah memiliki server sendiri. 

Wait, apa tuh maksudnya "seolah-olah memiliki server sendiri"?

Jadi begini, secara tradisional kalau kita ingin punya website kita punya pilihan:

For Loop di dalam Swift 3

Ada yang berubah mengenai sintaks penggunaan for-loop di Swift 3. Jika sebelumnya for-loop di Swift menggunakan style bahasa C, di Swift 3 diubah. Lebih simple sih menurut saya

Sebelumnya

for (var i=0; i<10; i++) {
  //kode program di sini
}

Sekarang for-loop di atas menjadi seperti ini

for i in 0...9 {
  //kode program di sini
}

Kalau kita lihat di atas maka ada beberapa perbedaan.

Step-by-step instalasi Drupal 8 di Centos 7

Karena sering sekali harus install drupal 8 di Centos, khususnya sekarang Centos 8, dan sering lupa beberapa prasyarat, maka saya buatkan catatan di sini agar siapapun, termasuk saya bisa menggunakannya sebagai rujukan.

Di Centos 6, mungki karena sudah terlalu sering menggunakan, catatan ini tidak begitu penting bagi saya karena hafal luar kelapa, eh kepala, langkah-lamgkahnya. Di Centos 7 ini ada beberapa perubahan termasuk NMTUI, firewallD, SELinux, dll

Baiklah, untuk memudahkan step-by-step ini dibuat menjadi beberpa tulisan yang terdiri dari

REST API call URLSession harus pakai HTTPS?

Buat catatan:

Untuk mengaksis resource dari internet menggunakan URLSession di Xcode 8.0 (swift 3) default settingnya tidak mengijinkan akses ke HTTP (non secure), harus pakai HTTPS.

Untuk mengakali sementara (tidak aman) adalah dengan mengupdate info.plist dengan menambahkan key AppTransportSecuritySetting, tambahkan domain exception di sana.

Dah itu saja.

CMMI: Berapa Lama Waktu Untuk Mengimplementasikan CMMI

Pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab. Atau setidaknya jawabannya tidak akan bisa memuaskan.

Bayangkan kalau ada pertanyaan sbb: "Berapa waktu yang dibutuhkan untuk seseorang mendapatkan berat tubuh yang ideal?"

Tentunya akan tergantung kepada definisi ideal itu seperti apa? Berapa kg? Komposisi otot vs lemak? dll. Kemudian kita juga harus tahu kondisi tubuh orang tersebut saat ini. Berapa kg beratnya, tingginya, dll. Setelah itu kita harus tahu faktor-faktor lain yang akan mempengaruhi proses diet ini seperti kebiasaan orang tsb dan komitmennya.

Konstelasi dalam CMMI

Komponen-komponen dalam CMMI disusun sesuai peruntukannya membentuk suatu konstelasi. Ada tiga konstelasi yang ada dalam CMMI versi 1.3, yaitu

  1. Development
  2. Acquisition
  3. Service

CMMI Development atau disingkat CMMI-DEV berisi komponen-komponen CMMI yang relevan dalam pengembangan suatu software/system.

CMMI Acquisition atau disingkat CMMI-ACQ terdiri dari komponen-komponen CMMI yang relevan dalam suatu proses pengadaan software/system

Capability dan Maturity dalam CMMI

Dalam CMMI (Capability Maturity Model Integration) terdapat istilah capability (kemampuan) dan maturity (kematangan). Apa bedanya? Kapan istilah ini harus digunakan? 

Untuk menjelaskan dalam kontek CMMI, agar lebih mudah saya ingin mengambil contoh tingkat kematangan atau kedewasaan dari seorang wanita. Seorang wanita bisa kita katakan beranjak dewasa, dewasa atau sangat dewasa tergantung kepada beberapa kemampuan yang dimilikinya.

Misalnya, kita bisa katakan seorang wanita tersebut dewasa apabila memiliki kemampuan sbb:

Tableau: Membuat tampilan overlay peta

Menampilkan data dalam bentuk peta menimbulkan impresi yang mengena untuk beberapa kasus, Misalnya peta kepadatan penduduk seperti gambar di atas, di mana tingkat kepadatan penduduk dinyatakan dengan warna hijau, makin gelap makin padat.

Beruntung aplikasi Tableau sudah mendukung pembuatan data dengan overlay peta ini, bahkan data kordinat untuk provinsi-provinsi dan kota-kota di Indonesia sudah dimasukkan ke dalam servernya dan siap kita gunakan, termasuk poligon batas wilayahnya.

Bagaimana caranya?

Tebleau : Menambahkan nomor urut

Menambahkan kolom nomor urut pada table yang kita buat kadang-kadang diperlukan, khususnya jika report/table ini ingin kita download dan bagikan ke orang lain. Bagaimana cara menambahkannya?

Jawab : Dengan membuat calculated field!

Caranya :

Klik kanan pada salah satu measure, misalnya dalam contoh ini "jumlah penduduk", kemudian pilih "Create" dan "Calculated Field" seperti pada gambar di atas.

Kemudian di layar Calculated Field, kasih nama field baru tsb, misalnya "Nomor Urut" dan di layar calculation, masukkan rumus :

index()

Introduction to Software Engineering

Membuat Spesifikasi Kebutuhan Software (SKS/SRS) merupakan salah satu kegiatan dalam mata rantai kegiatan pembangunan perangkat lunak atau software engineering, yang biasanya dilakukan pada fase awal pembuatan software.

Halaman